Jumat, 25 Mei 2012

( KIR ) Mengenal Telepon Genggam



Daftar Isi

KATA PENGANTAR…………………………………………………….   i
DAFTAR ISI………………………………………………………………  ii

BAB 1 PENDAHULUAN………………………………………………..  1
1.1 Latar Belakang ……………………………………………………….    1
1.2 Rumusan masalah..............................................................................   1
1.3 Manfaat Telepon Genggam………………………………………….....  2

BAB II PEMBAHASAN………………………………………………..    3

2.1 Sejarah………………………………………………………………..    4

2.2 DAMPAK POSITIF & NEGATIF
 HANDPHONE BAGI PELAJAR ………………………………………     3

2.3 Fungsi dan fitur………………………………………………………     4

2.4 Ponsel 3-G……………………………………………………………    5

2.5 Kegunaan Handphone Selain Untuk Menelepon……………………............................    6


BAB III PENUTUP ……………………………………………………     7
3.1 Kesimpulan ………………………………………………………….     7
3.2 Saran…………………………………………………………………     8
DAFTAR PUSTAKA



 

 

 



 
KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa atas segala  Rahmat dan karuniaNya, sehingga laporan penelitian ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Laporan penelitian ini memfokuskan pada pemanfaatan alat sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari .

            Semoga laporan penelitian ini dapat dimanfaatkan lebih lanjut terutama dalam  melaksanakan penelitian.  Sangat disadari bahwa laporan penelitian ini masih jauh dari yang diharapkan oleh sebab itu maka kritik, saran yang konstruktif dari semua pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan langkah selanjutnya.



            .                                                                                   Tampaksiring, 24 mei 2012
                                                                                                                        Penulis










BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Telepon genggam atau akrab disebut handphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi manusia juga dapat mengakses internet, SMS, berfoto dan juga saling mengirim Dalam pengoperasian handphone diperlukan suatu jasa penyelenggara telekomunikasi atau operator. Operator inilah yang menyediakan jasa dengan sistem yang dimilikinya, sehingga penggunaan telepon seluler bisa berfungsi. Setiap operator biasanya menyediakan kartu prabayar dan pascabayar dan voucher isi ulang, sebagai tanda berlangganan sekaligus sebagai nomor identitas yang nantinya dipakai untuk nomor telepon, pemakainya juga mendapat pulsa sebagai pengganti biaya yang akan digunakan dalam bertelepon. Kartu seluler sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama sebagai alat komunikasi yang hanya dapat digunakan pada ponsel / handphone. Berbagai merek kartu seluler telah dikenal oleh masyarakat seperti Kartu HALO, Kartu As, Simpati, Jempol, Bebas, Mentari, IM3 dan sebagainya. Dengan adanya berbagai merek kartu seluler, maka berdampak pula pada ketatnya persaingan untuk mendapatkan konsumen.
Persaingan yang semakin ketat dalam industri seluler menjadikan masing-masing operator berusaha membangun dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Dalam hal ini perusahaan bukan saja mampu memberikan berbagai nilai atau benefit untuk membuat pelanggan memilih merek,tetapi perusahaan juga harus terus-menerus melakukan berbagai upaya untuk membangun merek dan memuaskan konsument.

1.2 Rumusan masalah

1.      Apa pengertian dari telepon genggam?
2.     Apa dampak kerugian dari  penggunaan telepon genggam?
3.     Bagaimana cara penggunaan telepon genggam?
4.     Apa dampak positif dan negatif dari penggunaan telepon genggam?
5.     Apa manfaat dari penggunaan telepon genggam ?

1.3 Manfaat Telepon Genggam
Telepon genggam atau lebih akrab kita sebut HP (Handphone) mempunyai manfaat yang luar biasa sebagai sarana komunikasi. Mungkin lebih banyak sisi positif dibandingkan negatifnya, tergantung kepada si pemakai itu sendiri.
Beberapa tahun yang lalu, penggunaan HP terbatas pada orang-orang tertentu saja, tetapi sekarang penggunaannya telah merambah semua kalangan masyarakat. Dari penjual sayur sampai kepada konglomerat.
Seiring dengan perkembangan jaman, ternyata HP ini mempunyai manfaat lain:
1.     Merubah suatu penafsiran. Dahulu melihat orang tertawa maupun berbicara sendiri kita anggap orang gila, tapi sekarang belum tentu. Bisa saja orang itu sedang menerima telepon dari seseorang kan?
2.     Membuat orang lupa diri. Dengan HP menempel di telinga (dijepit helm), si empunya asik bercerita dengan suara keras sambil mengendarai kendaraan, tidak perduli dengan suara klakson maupun pengguna jalan lainnya.
3.     Alat mengetik sistem buta. Pengguna HP sering kali mengetik pesan sambil mengendarai kendaraan, dengan pandangan ke depan, tapi jari terus bermain mencari huruf-huruf sambil sesekali melihat HP yang dipegang.
Sangat disarankan agar mengutamakan keselamatan saat berkendaraan dari pada sibuk dengan HP. Telah banyak kejadian kecelakaan lalu lintas yang berakibat fatal (meninggal dunia) hanya karena asik bermain sms saat mengendarai kendaraan, sehingga menabrak kendaraan yang berhenti di depannya.




 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Sejarah

Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).
Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.
Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.


2.2 DAMPAK POSITIF & NEGATIF HANDPHONE BAGI PELAJAR

Dampak Positif
1. Mempermudah komunikasi.
2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
3. Memperluas jaringan persahabatan.

Dampak Negatif :
1. Mengganggu Perkembangan Anak :
Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

2. Efek radiasi
Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.

3. Rawan terhadap tindak kejahatan.
Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat.

4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.

5. Pemborosan
Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja.




2.3 Fungsi dan fitur

Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.
Dewasa ini, peranan ponsel sudah menjadi sebuah kebutuhan Primer Sehari-hari, berikut kategori ponsel berdasarkan Fungsi :
Ponsel Bisnis Ponsel jenis ini ditujukan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman anda, biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar "smartphone". Beragai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor anda dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel.
Ponsel Hiburan Ponsel Jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel. Banyak Ponsel jenis ini yang memiliki varian nya tersendiri, seperti Ponsel Musik, Ponsel Kamera, dan Ponsel Internet Sosial.
Ponsel Fashion Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan "seadanya". Tetapi dibalik itu semua, sebuah Ponsel Fashion dapat berharga berkali kali lipat dari harga ponsel tercanggih. Dewasa ini dapat ditemukan ponsel yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan bahkan lebih mahal dari harga sebuah rumah.
Ponsel Standar Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang disematkan.

2.4 Ponsel 3-G
Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini. Tapi yang menarik pada generasi ini adalah mulai dimasukkannya sistem operasi pada ponsel sehingga membuat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati fungsi PC. Sistem operasi yang digunakan antara lain Symbian, Android dan Windows Mobile
Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, online game, dan lain-lain.

2.5 Kegunaan Handphone Selain Untuk Menelepon

Coba kalian pikirkan, benda apa yang paling deket dan selalu nempel sama kamu? Yup, benda itu adalah handphone atau hape atau cell atau telfon genggam atau sejenisnya.
Kemana-mana kita pergi pasti harus selalu bawa HP. Kalo ketinggalan HP berasa jadi kayak telanjang dan terisolasi dari dunia luar.
Biasanya orang membeli handphone karena featurenya yang bagus digunakan untuk telekomunikasi dan akses internet. Tapi banyak juga kegunaan handphone selain karena diciptakan sebagai alat telekomunikasi.
Inilah hasil penglihatan MBDC tentang kegunaan handphone selain untuk menelpon:

1. Alat Bermain

Ini udah jelas, handphone jaman sekarang canggih-canggih dan bisa muat banyak game. Liat aja iPhone, udah kayak game yang bisa dipake buat nelpon kan?
Malah banyak orang yang punya handphone banyak, tapi yang dipake nelpon cuma 1, sisanya dibuat main game doang.
2. Mengambil Gambar & Video
Jaman sekarang sih handphone sama camera sudah jadi satu. Kemana-mana tinggal keluarin handphone dan ambil momentnya. Ketemu artis juga udah langsung keluarin handphone dan minta foto, jepret-jepret. Banyak produsen HP yang memasukan kamera dengan fitur semaksimal mungkin.
Bahkan sekarang juga sudah mulai bermunculan hasil karya video / film yang shootingnya menggunakan iPhone.

3. Kabur Dari Realita

Coba bayangkan kamu berada di tengah-tengah meeting yang basi dan kamu juga tidak bisa berkontribusi apa-apa selain bengong aja. Untuk kabur dari situasi tersebut, kamu bisa gunakan HP sebagai partner in crime. Kamu bisa berpura-pura ada telepon masuk dan harus menjawab panggilan tersebut sambil keluar ruangan. Teknologi telah menyelamatkan kamu.
iPhone mempunyai banyak app Fake Calls dimana kamu bisa set untuk mendapat telpon dari nomor tertentu pada jam yang sudah ditentukan, tentu saja panggilan palsu. Nah tinggal angkat telpon kamu dan gunakanlah kesempatan itu untuk menjalankan segala strategi kamu.
4. Alat Anti Salah Tingkah
Apabila kamu sedang mati gaya dan orang di sekitar kamu sedang sibuk dengan urusannya masing-masing, semua pada nyuekin kamu dan kamu jadi salah tingkah, jangan khawatir! Tinggal angkat HP kamu dan tempelin di kuping kamu. Pura-pura aja lagi dengerin orang bicara di HP sambil ngangguk2 sedikit. Dijamin kamu akan ngeblend dan tidak terlihat salah tingkah lagi. Atau juga bisa sambil mendengarkan musik di HP kamu.
Oprek-oprek handphone juga sangat berguna kalau kamu lagi di tengah-tengah crowd yang basi. Kamu bisa terlihat mempunyai kesibukan diri dengan bermain-main handphone.

5. Fashion & Trend

Ini udah jelas juga, sekarang ini banyak handphone yang mahal-mahal gila dan bikin orang mikir 2 kali untuk belinya. Handphone dilapisi berlian, terbuat dari material mulia dan lain sebagainya. Padahal featurenya mungkin biasa aja, tapi casingnya itu yang bikin mahal.
Casingnya pake platinum dan ditaburi berlian sebanyak 50 buah, dan beberapa didalamnya menggunakan blue diamond yang katanya langka. Juga ada emas 18 karatnya. Ck ck ck…
Kalau udah punya handphone kayak gini tapi masih sering miscall juga untuk minta ditelpon balik sih… malesbangeeet.
6. Pemicu Perkelahian Dalam Hubungan
Karena handphone adalah benda yang paling sering kita pakai dan sangat dekat dengan kita, maka segala jejak aktivitas sehari-hari kita bisa terekam di dalam handphone.
Kalau kamu sudah mulai curiga dengan pasangan kamu, coba mulai cek handphonenya. Lihat list dari dan kemana panggilan telepon dibuat, apakah ada nomor-nomor asing yang mencurigakan atau hasil chat/sms mencurigakan.
Kalau pasangan kamu gaptek dan tidak mengetahui sisi kejahatan handphone yang satu ini, maka ngecek handphone dia adalah kartu As terakhir yang bisa dikeluarkan kalau sedang berantem.
Tinggal bongkar segala log panggilan dan lain-lainnya, dan apabila nomor selingkuhannya keluar dalam log itu, langsung lempar HP yang kamu pegang ke mukanya. Double Combo kegunaan handphone bisa terlihat disini.
Ingat, HP bisa menjadi partner in crime yang baik buat kamu, tapi juga bisa jadi senjata makan tuan kalau kamu tidak paham menggunakannya selain hanya untuk telpon dan chatting
si yang benar-benar kita butuhkan? Persoalan ini kembali kepada konsep the man behind the gun. Tergantung kepada manusia di belakang alat! Kembali kepada kita, bagaimana kita memanfaatkan kemajuan teknologi gadget ini.




BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan :
Seiring dengan perkembangan jaman, ternyata HP ini mempunyai manfaat lain:
1.     Merubah suatu penafsiran. Dahulu melihat orang tertawa maupun berbicara sendiri kita anggap orang gila, tapi sekarang belum tentu. Bisa saja orang itu sedang menerima telepon dari seseorang kan?
2.     Membuat orang lupa diri. Dengan HP menempel di telinga (dijepit helm), si empunya asik bercerita dengan suara keras sambil mengendarai kendaraan, tidak perduli dengan suara klakson maupun pengguna jalan lainnya.
3.     Alat mengetik sistem buta. Pengguna HP sering kali mengetik pesan sambil mengendarai kendaraan, dengan pandangan ke depan, tapi jari terus bermain mencari huruf-huruf sambil sesekali melihat HP yang dipegang.

v Dampak Positif
1. Mempermudah komunikasi.
2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
3. Memperluas jaringan persahabatan.

Dampak Negatif :
1. Mengganggu Perkembangan Anak :
Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.




3.2 Saran
Bagi pengguna hp kami harapkan menggunakan hp seefektif mungkin karena kalau digunakan secara sembarangan dampak hp itu sangat besar bagi penggunanya

 

 















                                  




DAFTAR PUSTAKA
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam
http://members.tripod.com/perkembangan_telepon/sejarah.htm
Sumber :
Shortlink: http://mlsbgt.de/qchjTI





















0 komentar:

Posting Komentar